Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Wednesday, March 18, 2015

Cincin Berlafal Allah dimakam Kuno Wanita Viking

Di dalam dunia arkeologi, penemuan sebuah makam kuno merupakan salah satu penemuan yang maha dasyat. Melalui penelitian di makam kuno tersebut dapat terkuak banyak sekali peninggalan sejarah berupa artefak, kejadian atau kebiasaan yang dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

Hal ini yang terjadi dalam sebuah penemuan dan penelitian makam di sebuah makam yang disinyalir  sebagai tempat bangsa Viking kuno bertempat tinggal.  Di dalam makam salah satu perempuan Viking yang diperkirakan dari abad 9, ditemukan sebuah cincin perak yang bermata ungu dan berlafal Allah dalam aksara Arab. Berdasarkan hal ini, para ahli memiliki kesimpulan awal bahwa masyarakat Viking pada masa utu sudah melakukan interaksi dengan komunitas muslim. 

Cincin yang pada awalnya diduga sebagai sebuah batu ametis berwarna ungu tersebut ternyata terbuat dari kaca berwarna.  Hasil penelitian para ahli dari Universitas Stockholm menggunakan mikroskop laser mengungkankan bahwa secara detail tulisan Arab tersebut berbunyi 'untuk Allah'. 

"Satu-satunya cincin tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologis Skandinavia ini merupakan benda unik Swedia dari era Viking," kutip Science News yang dilangsir oleh Daily Mail Senin (16/3/2015)
  
Dan ternyata, lokasi penemuan cincin tersebut pada jaman dahulu adalah tempat yang menjadi pusat perdagangan bangsa Viking, tepatnya di Birka, Swedia. Pada masa itu penduduk Skandinavia sudah memperdagangkan benda-benda kaca dari Mesir dan Mesopotamia. Kemungkinan, bangsa Viking membawa benda-benda kaca dari kawasan peradaban Islam yang membentang dari Mediterania hingga Asia Barat.  

Sumber: tribunnews.com

3 komentar:

cara mengobati rematik said...

keren cincinnya

obat herbal limfoma said...

wah indah sekali dan pasti bersejarah sekali cincinya

Sinopsis Film said...

menunjukkan bahwa jaman dahulu semua manusia saling berinteraksi

Popular Posts