Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Thursday, January 3, 2013

Hendak Curi Kepala Badak, Pria Dihukum Penjara

Seorang warga kota London, Senin (3/12/2012), dijatuhi hukuman penjara 18 bulan karena berusaha mencuri sebuah kepala badak bernilai 500.000 poundsterling atau sekitar Rp 4,7 miliar dari Museum Castle di Norwich.

Patrick Kiely (29), mengaku bersalah mencoba mencuri koleksi museum itu pada Februari lalu. Keinginan laki-laki itu mencuri karena harga cula badak yang sangat tinggi di Asia dan bahkan dihargai lebih mahal dari emas.

Kiely bersama dua rekannya bertugas memecahkan wadah kaca berisi kepala badak itu, sementara seorang  kawannya yang lain menunggu di luar museum dengan sebuah mobil curian.

"Saat mereka mencoba melarikan diri, para staf museum dan pengunjung menghalangi mereka. Akhirnya mereka menjatuhkan kepala badak itu, sedikit merusak benda itu dan kemudian kabur," kata jaksa penuntut Peter Gair di hadapan sidang.

Jaksa mengatakan kepala badak itu berasal dari zaman pemerintahan Ratu Victoria (1837-1901) dan bernilai sekitar Rp 4,7 miliar. Akibat usaha pencurian itu, pihak museum akhirnya mengganti cula badak itu dengan cula tiruan.

Dalam ilmu pengobatan tradisional China, cula badak diyakini dapat menyembuhkan kanker. Akibat kepercayaan ini meningkatkan perburuan badak dan membuat harga cula badak sangat mahal di pasar gelap. Untuk satu kilogram cula badak dihargai 65.000 dollar atau sekitar Rp 600 juta. Dengan harga ini membuat cula badak lebih mahal dari emas, platinum bahkan kokain. (kompas)

0 komentar:

Popular Posts